Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Setelah Berhenti Merokok Membuat Berat Badan Naik ? Ternyata Ini Alasannya

Konten [Tampil]
Mengapa Setelah Berhenti Merokok Membuat Berat Badan Naik ? Ternyata Ini Alasannya

Bagi perokok yang belum lama bebas dari ketergantungan nikotin dalam jangka waktu yang cukup lama, biasanya akan mengalami kenaikan berat badan yang drastis. Banyak yang menganggap hal ini hanya mitos belaka tapi banyak pula yang merasakan efek bebas dari rokok lalu membuat berat badan naik adalah kenyataan yang tak terbantahkan. 

Muncul banyak pertanyan mengapa setelah berhenti merokok bisa membuat berat badan naik? Kira-kira apa ya penyebabnya, artikel kali ini akan mengulas tentang efek berhenti merokok yang membuat berat badan naik. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Kenaikan Berat Badan Setelah Berhenti Merokok

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti dilansir dari Times of India ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan berat badan pasca berhenti merokok. Faktor pertama mengungkapkan semakin tinggi tingkat kecanduan seseorang pada nikotin maka semakin banyak berat badan yang akan diperoleh ketika ia memutuskan untuk berhenti merokok. 

Hal ini terjadi karena tingkat kecanduan pada nikotin berbanding lurus pada peningkatan berat badan. Seseorang yang berhenti merokok akan mengalami kenaikan berat badan 2,5 pon atau 1,1 kilogram. Pria yang berhenti merokok rata-rata akan mendapatkan peningkatan kadar lemak sebanyak 2,7 kilogram, sedangkan pada wanita yang berhenti merokok akan mengalami peningkatan kadar lemak dalam tubuh sebanyak 3,6 kilogram. Umumnya penambahan berat badan tidak akan berlangsung secara terus menerus, waktu penambahan berat badan setelah berhenti merokok biasanya terjadi dalam rentan waktu 3 tahun.

Faktor lain yang membuat berat badan meningkat setelah berhenti merokok tidak lepas dari sifat nikotin. Seperti yang kita ketahui bahwa nikotin memiliki sifat adiktif yang membuat orang kecanduan untuk terus merokok dan merasa ada yang kurang dalam tubuhnya jika tidak merokok. Kandungan zat yang ada didalam tubuh sangat berbahaya bagi kesehatan salah satunya mengurangi nafsu makan dan cenderung ingin mengkonsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan olahan atau makanan cepat saji. 

Nah ketika kita memutuskan untuk berhenti merokok, akan ada peningkatan rasa lapar karena kadar nikotin dalam tubuh perlahan mulai berkurang. Kadar nikotin yang semakin hari makin berkurang sangat baik untuk metabolisme tubuh. Karena kadar nikotin berkurang dalam tubuh hal ini membuat aktivitas lipoprotein lipase meningkat dan membuat perpindahan lemak ke tubuh sehingga berat badan meningkat. 

Meski berat badan semakin meningkat setelah berhenti merokok, kamu harus tetap memperhatikan kesehatan tubuh. Jangan sampai peningkatan berat badan secara drastis setelah berhenti merokok justru membuat tubuh mengalami obesitas. Berikut cara untuk menjaga berat badan ideal setelah berhenti merokok.

1. Aktif bergerak

Meski kamu sudah berhenti merokok dan berat badan semakin naik jangan sampai mengalami obesitas. Ketika kamu mengalami obesitas akan banyak masalah kesehatan yang bisa sewaktu-waktu menyerang. Untuk menghindari hal itu aktiflah bergerak dan beraktivitas. Lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lemak dalam tubuh yang berlebih. Agar lebih maksimal, kamu bisa tambahkan sesi olahraga kardio setiap hari selama 45 menit untuk membakar kalori. 

2. Perbanyak Makanan Berserat

Makan makanan berserat seperti buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jika sebelumnya ketika kamu masih aktif merokok kamu adalah orang yang paling sulit dan tidak mau konsumsi makanan berserat, saat ini perbanyaklah makan sayur dan buah. Konsumsi sayur dan buah-buahan selain bermanfaat bagi tubuh juga akan membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga tidak mudah lapar. Perbanyak makanan berserat jauh lebih baik ketimbang terlalu banyak mengkonsumsi cemilan yang manis-manis dan gurih.

3. Perhatikan Waktu Tidur

Tidur tepat waktu dan dalam waktu yang cukup akan memperbaiki sistem metabolisme dalam tubuh. Kamu yang sering begadang bisa mulai mengurangi kebiasaan tersebut jika ingin menjaga berat badan ideal setelah berhenti merokok. 

Banyak orang yang mengalami kenaikan berat badan hanya karena memiliki jam tidur yang tidak teratur. Sebaiknya jangan tidur terlalu malam, ketika kita melakukan aktifitas yang banyak di malam hari akan muncul rasa lapar dan membuat kita makan di malam hari. Makan pada waktu malam akan membuat berat badan naik drastis karena waktu malam adalah waktu tubuh untuk beristirahat bukan untuk memasukkan makanan ke dalam tubuh.

Nah itu tadi beberapa penyebab mengapa setelah berhenti merokok berat badan naik dan cara-cara untuk menjaga berat badan ideal pasca berhenti merokok. Merubah kebiasaan kearah yang lebih baik dan sehat adalah langkah yang sangat baik untuk memelihara tubuh agar tetap bugar. Selain berhenti merokok, kita juga harus tetap menjaga kesehatan tubuh dengan memperhatikan asupan makanan sehat dan rutin berolahraga ringan secara teratur agar terhindar dari obesitas dan penyakit kronis lainnya.

Posting Komentar untuk "Mengapa Setelah Berhenti Merokok Membuat Berat Badan Naik ? Ternyata Ini Alasannya"