Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Memilih Sayuran Yang Segar Dan Sehat Untuk Tubuh, Jangan Sampai Salah Pilih

Konten [Tampil]

7 Tips Memilih Sayuran Yang Segar Dan Sehat Untuk Tubuh, Jangan Sampai Salah Pilih

Sayur, buah, karbohidrat dan protein adalah menu wajib yang harus ada setiap hari dalam menu makanan. Sebelum mengolah sayuran menjadi aneka masakan ada baiknya kita mengetahui sayuran yang segar dan sehat untuk tubuh dan aman dikonsumsi seluruh keluarga. Kalau salah pilih sayuran yang tidak sehat akan membahayakan kesehatan tubuh dan berdampak buruk jangka panjang untuk kesehatan. Agar tidak salah pilih sayuran untuk dikonsumsi, berikut tips memilih sayuran yang segar dan sehat yang wajib kamu tahu.

1. Lihat Warna Sayuran

Cara pertama memilih sayuran yang segar dan sehat untuk tubuh adalah dengan memperhatikan warna sayuran. Meski hal ini terkesan simple tapi sangat penting dilakukan. Warna pada sayuran menunjukkan apakah sayuran tersebut layak dikonsumsi atau tidak. Pilihlah warna sayuran yang segar, dari mana kita tahu kalau sayuran itu segar hanya melihat dari warnanya ? caranya mudah sekali, pilih sayuran yang warnanya merata. 

Jangan membeli sayur jika pada bagian tertentu dalam sayuran mulai berubah warna. Misalnya ketika kita ingin membeli pare, pare yang segar akan berwarna hijau mudah tapi jika sebagian warna mulai agak kekuningan jangan dibeli karena itu menunjukkan pare mulai matang dan akan cepat lembek ketika diolah menjadi masakan. Contoh lain terjadi pada sayuran terong, terong yang segar memiliki warna ungu tapi jika sebagian warnanya mulai agak kecoklatan berarti terong mulai mengalami pembusukan. Dengan melihat warna sayur kita bisa menentukan apakah sayur itu segar atau tidak layak konsumsi.

2. Jangan Pilih Sayuran Yang Sudah Keriput

Ketika memilih sayur kita memang dituntut untuk teliti dan detail apakah sayur ini masih fresh atau sudah agak lama tersimpan di suatu ruangan misalnya di dalam ruangan pendingin. Sayur yang tidak segar sangat mudah dikenali salah satu cirinya adalah tekstur sayur mulai keriput di beberapa bagian. 

Tekstur keriput pada sayur muncul karena sayur sudah terlalu lama disimpan di ruangan pendingin dan sudah tidak fresh lagi ketika di masak. Sayur yang sudah tidak fresh berarti kandungan vitamin dan nutrisi di dalamnya sudah jauh berkurang dibanding sayuran yang segar. Jadi usahakan jangan memilih sayuran yang sudah mulai keriput.

3. Perhatikan Tekstur dan Aroma Sayuran

Tips memilih sayuran yang perlu diketahui adalah perhatikan tekstur dan aroma sayuran. Ada beberapa jenis sayur yang bisa sangat mudah kita lihat teksturnya apakah sayur tersebut segar atau tidak. Contohnya wortel dan brokoli, dalam kondisi segar kedua sayur ini akan bertekstur keras. Sama seperti sayur kol, sawi dan bayam. 

Jenis sayuran tersebut memiliki tekstur kaku, ketika tekstur tersebut berubah menjadi lebih lunak atau lunglai berarti sayur itu sudah tidak segar lagi. Selain mengamati melalui tekstur sayur, kamu bisa melihat sayuran segar atau tidak dari aromanya. Sayuran yang segar tidak akan mengeluarkan aroma menyengat, jika sayuran mengeluarkan aroma menyengat berarti ini menandakan sayur tersebut mulai mengalami pembusukan.

4. Pilih Sayuran Yang Masih Muda

Memilih sayuran yang segar dan sehat memang susah-susah gampang, tapi kalau sudah terbiasa kamu pasti dengan mudah dan cepat bisa mengetahui sayuran yang segar dan tidak. Kamu bisa memilih sayuran yang masih muda karena sayuran yang masih muda memiliki kandungan vitamin, mineral yang tinggi yang sangat baik bagi tubuh dibanding sayuran yang sudah tua. 

Hanya saja sayuran yang masih muda biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan ukuran sayuran yang sudah tua. Misalnya kamu memilih wortel atau tomat yang masih muda biasanya ukurannya lebih kecil dibanding tomat atau wortel yang sudah tua. Kamu mungkin akan sedikit kesulitan ketika memotong-motong sayuran berusia muda karena bentuknya yang lebih kecil-kecil. Tapi dibalik bentuknya yang kecil didalamnya ada banyak kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh.

5. Beli Sayuran Di Pagi Hari

Tips memilih sayuran yang segar dan sehat bisa dimulai dengan cara kamu berbelanja sayuran di pagi hari. Kenapa harus repot-repot belanja di pagi hari kenapa tidak siang hari ? biasanya para petani melakukan distribusi buah dan sayuran-sayuran ke pasar tradisional di pagi hari. Kalau kamu membeli sayuran di pagi hari maka sayuran tersebut masih segar karena baru diantar petani ke pasar-pasar. 

Kalau kamu membeli sayuran siang hari bisa jadi sayuran segar yang ada sejak pagi hari sudah habis dibeli pembeli yang sudah datang ke pasar di pagi hari. Sehingga yang tersisa hanya sayuran-sayuran yang kurang segar, semakin siang sayuran mulai layu dan kondisinya tidak sebaik ketika baru datang langsung dari petani.

6. Pilih Sayuran Organik

Sayuran yang sehat adalah sayuran yang bebas dari unsur pestisida. Sayuran ini lebih dikenal dengan sayuran organik, biasanya sayuran organik harganya memang lebih mahal dibanding sayuran baisa. 

Kamu bisa menjumpai sayuran organik di swalayan, salah satu ciri sayuran organik adalah terdapat lubang-lubang pada sayuran tersebut. Ini menandakan bahwa sayuran tersebut dimakan oleh hama dan tidak ada kandungan pestisida di dalamnya. Karena teksturnya yang berlubang-lubang kamu harus memastikan tidak ada ulat yang bersembunyi di dalam sayuran tersebut.

7. Pilih Sayuran Yang Belum Dibersihkan

Tips memilih sayuran yang segar dan sehat adalah pilih sayuran yang belum dibersihkan. Kenapa harus memilih sayuran yang belum dibersihkan? karena sayuran yang belum dibersihkan akan lebih awet jika disimpan di dalam ruangan pendingin. Hal ini terjadi karena ada zat pelindung pada lapisan sayur yang belum dicuci. Jika sayuran sudah dibersihkan maka ia akan kehilangan lapisan pelindungnya sehingga sayuran akan cepat membusuk. 

Ini bisa kita temui pada jenis sayuran seperti kentang dan umbi-umbian. Biasanya kita memilih kentang atau umbi yang sudah bersih, jika kita ingin menyimpannya di dalam ruang pendingin sebaiknya tanah yang masih menempel di kulit kentang atau umbi tidak perlu dibersihkan. Bersihkan sisa-sisa tanah ketika kita akan memasak sayuran tersebut. 

Itu tadi 7 tips memilih sayuran yang segar dan sehat untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui. Kalau selama ini kamu merasa kebingungan bagaimana cara memilih dan memilah sayuran yang segar dan sehat, ulasan artikel ini akan membantumu mengamati dan memilih sayuran yang segar dan aman untuk kesehatan tubuh.

Posting Komentar untuk "7 Tips Memilih Sayuran Yang Segar Dan Sehat Untuk Tubuh, Jangan Sampai Salah Pilih"