Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat Saffron Bagi Kulit Wajah

Konten [Tampil]
9 Manfaat Saffron Bagi Kulit Wajah

Sejak dulu Saffron dikenal sebagai bahan rempah-rempah yang biasa dicampurkan pada makanan. Tapi seiring berkembangnya waktu, Saffron juga memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah.

Saffron yang berasal dari bunga Kuma di Asia Barat dikenal sebagai rempah-rempah mahal. Tak heran banyak yang memburu rempah tradisional ini untuk obat kesehatan dan kecantikan.

Berikut 9 manfaat Saffron bagi kulit wajah.

1. Mengurangi iritasi Kulit

Saffron bisa dijadikan obat untuk mengurangi iritasi kulit, hal ini karena didalam Saffron terdapat kandungan antioksidan Crocetin dan k

Kaempferol yang bermanfaat sebagai zat anti radang.

Menurut sebuah hasil penelitian, zat anti radang tersebut dapat membantu mengurangi iritasi, ruam dan pembengkakan pada kulit.

2. Menangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat Saffron untuk wajah adalah menangkal radikal bebas, kandungan Crocetin, Kaempferol, Crocin, dan Safranal adalah jenis antioksidan dalam Saffron yang berfungsi membantu menangkal radikal bebas pada wajah

Radikal bebas adalah molekul reaktif yang dapat menumpuk akibat proses alami dan paparan lingkungan. Jika terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh, dapat menyebabkan stres oksidatif hingga meningkatkan risiko kerusakan sel-sel kulit wajah. 

Penggunaan masker wajah yang terbuat dari Saffron secara rutin dipercaya dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat stres oksidatif.

3. Melindungi Dari Paparan Sinar Ultraviolet

Hasil studi mengemukakan bahwa manfaat Saffron untuk wajah ternyata mampu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang berasal dari matahari. 

Manfaat Saffron untuk kecantikan ini berasal dari kandungan senyawa Flavonoid atau antioksidan, seperti Kaempferol dan Quercetin yang terdapat dalam Saffron.

4. Mengatasi Bekas Jerawat

Manfaat Saffron untuk wajah dipercaya dapat mengatasi bekas jerawat. Cara paling mudah mengatasi jerawat menggunakan Saffron adalah menjadikan Saffron sebagai masker wajah. 

Anda bisa membuat masker wajah Saffron dan susu cair putih, susu bermanfaat sebagai zat yang melepaskan sel kulit mati.

Cara membuatnya cukup mudah, siapkan 3-4 helai Saffron dan seperempat gelas susu cair putih. Rendam helaian Saffron dalam susu dan biarkan Saffron meresap dengan susu selama 2 jam. 

Oleskan masker Saffron dan susu pada area wajah dan leher, hindari area mata dan bibir. Diamkan selama 10-15 menit, 

Anda dapat menggunakan masker Saffron dan susu untuk mengatasi bekas jerawat sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

5. Mengatasi Mata Panda 

Saffron juga bermanfaat untuk mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata atau yang sering disebut mata panda.

Insomnia di malam hari hingga stres kerap kali membuat Anda menjadi susah tidur. Akibatnya, muncul lingkaran hitam di bawah mata yang membuat tampilan wajah secara keseluruhan terlihat lelah. 

Gunakan Saffron untuk mengurangi efek mata panda Anda. Caranya mudah, cukup 

siapkan 2-3 helai Saffron dan 2 sendok makan air. Rendam Saffron dalam air semalaman, lalu keesokan paginya haluskan Saffron sampai lembut dan larut sepenuhnya dengan air. 

Oleskan pada area bawah mata dan diamkan selama 15-20 menit. 

Jika sudah selesai langsung bilas dengan air bersih. 

6. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat saffron untuk kecantikan adalah mencerahkan kulit wajah. Memijat wajah menggunakan masker wajah Saffron dan minyak esensial diyakini dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dan membuatnya tampak bercahaya. 

Kandungan asam lemak dari minyak esensial dapat menyerap ke dalam kulit dengan baik sehingga membuat wajah Anda semakin glowing.

7. Mengurangi Noda Hitam 

Saffron bermanfaat untuk mengurangi noda hitam di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam wajah. Flek hitam pada wajah membuat seorang wanita menjadi tidak percaya diri dengan penampilanya.

Untuk mengurangi noda hitam pada wajah, Anda bisa mencampurkan 2-3 helai Saffron dengan 1 sendok makan madu. 

Lalu, gunakan sebagai masker wajah sambil memijatnya secara perlahan dengan gerakan memutar searah jarum jam saat mengoleskannya. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas menggunakan air bersih.

8. Menyembuhkan Luka

Luka pada kulit seringkali membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri. Saffron memiliki khasiat penyembuhan yang dapat mempercepat proses pemulihan kulit. 

Mengoleskan Saffron pada luka atau kulit yang terluka akan mempercepat penyembuhannya. Caranya mudah, ambil beberapa helai Saffron tambahkan sedikit air tumbuk hingga halus lalu oleskan pada bagian tubuh yang terkena luka. 

9. Penyegar Wajah 

Penyegar wajah (toner) tentu tak asing lagi bagi wanita. Biasanya toner digunakan untuk menghapus sisa make up setelah beraktifitas seharian diluar rumah. 

Anda bisa membuat toner sendiri dari bahan Saffron. Saffron bisa digunakan sebagai toner wajah dengan cara memasukkan beberapa helai Saffron ke dalam air mawar. Diamkan selama 15 menit, kocok hingga merata dan pulaskan ke area wajah yang telah dibersihkan.

Posting Komentar untuk "9 Manfaat Saffron Bagi Kulit Wajah"